Sunday, July 21, 2013

Resensi Novel: Mencari Tepi Langit

Sudah lama membaca bukunya, tetapi baru berkesempatan meresensinya sekarang. Maafkan. ^.^

Judul: Mencari Tepi Langit
Penulis: Fauzan Mukrim
Penerbit: Gagas Media
Tebal buku: vii+280
Tahun terbit: 2010

Novel yang berjudul "Mencari Tepi Langit" merupakan novel soliteri yang pertama kali saya baca.

Seorang perempuan bernama Horizon Santi yang mendapatkan kiriman email misterius dari seseorang yang bernama Tepi Langit saat ulang tahunnya yang ke-22. Hal tersebut sontak membuat Santi sangat kepikiran. Email yang berisikan kenyataan bahwasannya ia adalah anak adobsi. Semenjak itu, ia memutuskan untuk keluar dan pergi dari keluarga yang telah membesarkannya. Santi terpikir untuk mencari dimana keluarga kandungnya. Dengan niat tersebut, ia meminta bantuan kepada teman yang berprofesi menjadi wartawan saat itu. Senja namanya.

Novel ini sangat bagus dengan mengangkat cerita mengenai dunia jurnalistik. Tak banyak novel yang mampu menerbitkan ceritanya di lingkup jurnalistik. Gaya bahasa yang digunakannya kaku, harus perlahan-lahan untuk membaca serta memahami isi cerita tersebut. Alur cerita yang baik, memberian banyak pengetahuan seputar dunia jurnalistik itu sendiri. Dari segi tampilan, sangat menarik. Seolah penasaran dari judul yang ada di cover novel, membuat pembaca ingin mengetahui isi ceritanya.

Secara keseluruhan, novel ini cukup baik. Bagi saya, menjadi tantangan membaca buku/novel dengan genre seperti ini.

Novel ini sangat cocok untuk dibaca saat mempunyai waktu luang agar lebih efektif untuk memahami isi cerita tersebut. Isi cerita ini juga menarik sebab banyak mengangkat unsur pengetahuan di dunia jurnalistik.

3 comments:

  1. Siap disantap! :D

    ReplyDelete
  2. mengingatkanku pada http://merakitsampah.wordpress.com/2010/12/01/androgini-dan-gula-kapas/ tanpa bermaksup apapun. hampir tiga tahun lewat. :(

    ReplyDelete
  3. makanlah kak :p

    hihihi.. sudah lama ya itu mas :p

    ReplyDelete

Pages - Menu